Jumat, 21 September 2012

Jawaban soal kelompok 5




1. Apa yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan dengan sel makhluk hidup lainnya?
2. Mengapa fungi tidak termasuk dalam klasifikasi tumbuhan?
3. Dari berbagai macam penyebab pencemaran yang ada, manakah yang paling berdampak buruk bagi tanaman?
4. Mengapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator pencemaran?
5. Sebutkan logam apa saja yang dapat mencemari tumbuhan?
Jawaban
1.      Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis.
Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum.
Pada tingkat selular, dinding sel yang tersusun dari selulosa, hemiselulosa, dan pectin menjadi ciri khasnya, meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin.
2.      fungi bersifat saprotrof, mendapatkan energi dari sisa-sisa bahan organik. Selain itu, dinding sel fungi tidak tersusun dari bahan yang sama dengan tumbuhan dan malahan mirip hewan.
3.      Menurut kelompok kai, semua penyebab pencemaran di atas sangat berdampak buruk bagi tanaman, karena bisa berdampak buruk pada tanaman.

4.      Penggunaan vegetasi sebagai indikator biologi untuk pencemaran lingkungan sudah sejak lama, kira-kira sejak seratus tahun yang lalu di daerah pertambangan. Pada umumnya tumbuhan lebih sensitive terhadap polutan daripada manusia. Tumbuhan yang sensitiv dapat merupakan indikator, sedangkan tumbuhan yang tahan dapat merupakan akumulator polutan di dalam tubuhnya, tanpa mengalami kerusakan. Jamur, fungi dan Lichenea sensitive terhadap SO2 dan halide.
5.      Zn, Pb, Ni, Co, Cr, Cu, Mr, Mg, Cd, dan Se.

0 komentar:

Posting Komentar