Senin, 17 September 2012

jawaban kelompok 2


1. Mengapa udara terasa panas saat sebelum hujan ?
2. Apa penyebab terjadinya Hujam Asam dan apa akibatnya untuk lingkungan?
3. Mengapa gas CO (Karbon Monoksida) bersifat beracun? jelaskan !
4. Apa akibatnya untuk lingkungan jika BBM menggunakan jenis Premium dibandingkan Pertamax? zat apakah yang menjadi gas buangan udara bermotor tersebut ?
5. Apa yang terjadi jika kandungan Oksigen yang terkandung dalam udara di Bumi lebih dari 21 %?

Jawab.
1.  Mendung merupakan kumpulan uap dari air laut. Pada saat mendung, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, makan semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi  pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.

2. Hujan asam terjadi akibat ada nya pembuangan gas NO2 dan SO2 ke alam secara besar-besaran oleh industri baik skala rumahan dan pabrik.
Dampak dari hujan asam ini antara lain:

    * Mempengaruhi kualitas air permukaan

    * Merusak tanaman

Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan.

3.  Karena gas CO mempunyai berat molekul yang ringan seperti oksigen sehingga jika terhirup oleh manusia maka gas CO akan menggantikan posisi oksigen dalam darah sehingga pasokan oksigen berkurang bagi tubuh dan dapat mengakibatkan kematian

4.  Akibat yang akan timbul jika BBM yang digunakan premium yaitu akan semakin banyak gas buang CO2 yang merugikan bagi alam karena gas CO2 mempunyai sifat gas efek rumah kaca. Gas buang dari kendaraan bermotor ini yaitu gas CO2.

5. akibat yang akan terjadi sangat mengerikan, bayangkan kalau makanan yang biasa kita buat akan cepat basi karena tingkat oksidasinya meningkat tajam. Bayangkan kalau besi yang kita gunakan akan cepat berkarat dalam waktu singkat. Hal itu semua yang akan terjadi jika kadar oksigen di Bumi meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar