Senin, 24 September 2012

jawaban kelompok 6

  
1. Bagaimana ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ?
2. Apakah makanan herbal sudah pasti terjamin bebas dari zat kimia ? Jelaskan !
3. Mengapa manusia tidak diperbolehkan untuk ketergantungan terhadap suplemen atau obat-obatan baik dalam keadaan sakit maupun tidak ?
4. Mengapa makanan mentah dapat dijadikan obat segala macam penyakit ?
5. Sebutkan zat aditif apa saja yang digunakan pada makanan beserta dampak yang diakibatkan dari penggunaan zat aditif tersebut !


jawab

1. Yang dimaksud dengan makanan yang sehat adalah makanan yang tidak membuat kita underweight atau overweight, tetapi membuat berat badan kita normal atau ideal. Disamping itu makanan sehat tidak membuat kita mengalami kolesterol atau gula darah tinggi, tetapi pada pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak, dan asam urat tetap terkontrol baik, tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh, serta tekanan darah kita menjadi lebih stabil. pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak, dan asam urat tetap terkontrol baik, tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh, serta tekanan darah kita menjadi lebih stabil.


2. tidak, karena mana ada zat atau bahan di dunia yang tidak terbuat dari unsur kimia? Mungkin yang dimaksud adalah “diawetkan” atau “diproses” atau “alami”, tapi dengan arti itupun, mana ada suplemen atau obat herbal yang “tidak diproses” ? oleh karena itu tidak ada makanan yang terbebas dari zat kimia.

3. karena mereka yang ketergantungan obat dan suplemen sebenarnya tidak benar-benar menjadi sembuh. Mereka justru mengakumulasikan berbagai calon penyakit yang akan meledak timbul pada waktu kemudian. Tidak heranlah jika kita melihat begitu banyak orang yang “sakit-sakitan” dan terus makin tergantung pada “obat” atau “suplemen”.

4. Tidak, sama sekali tidak benar! Pola makan makanan mentah bukan obat dan sama sekali tidak menyembuhkanDengan banyak makan buah dan sayur segar sesungguhnya kita hanya mengurangi asupan makanan tidak baik yang lain sehingga dengan demikian racun yang masuk ke dalam tubuh kita berkurang secara berarti.  Kalau racun yang masuk ke dalam tubuh sedikit, tubuh tidak akan berjuang melawan racun tetapi akan memperbaiki atau meregenerasi diri. Dengan memberikan kesempatan tubuh untuk memperbaiki diri, kita akan tahu bahwa sesungguhnya tubuh mempunyai kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan sering juga justru membuatnya lebih segar dan lebih muda daripada sebelumnya.

5. Bahan aditif makanan dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok tertentu tergantung kegunaanya, diantaranya:

[sunting]Penguat rasa

Kristal monosodium glutamat digunakan sebagai penguat rasa
Monosodium Glutamat (MSG) sering digunakan sebagai penguat rasa makanan buatan dan juga untuk melezatkan makanan.[1] Adapun penguat rasa alami diantaranya adalah bunga cengkehpalamericacabai,laoskunyitketumbar.[1] Contoh penguat rasa buatan adalah monosodium glutamat/vetsin, asam cuka,benzaldehida, amil asetat.[1]

[sunting]Pemanis

Zat pemanis buatan biasanya digunakan untuk membantu mempertajam rasa manis.[1] Beberapa jenis pemanis buatan yang digunakan adalah sakarinsiklamat, dulsin, dan aspartam.[1] Pemanis buatan ini juga dapat menurunkan risiko diabetes, namun siklamat merupakan zat yang bersifat karsinogen.[1]

[sunting]Pengawet

Bahan pengawet adalah zat kimia yang dapat menghambat kerusakan pada makanan, karena serangan bakteriragicendawan.[2]Reaksi-reaksi kimia yang sering harus dikendalikan adalah reaksi oksidasi, pencoklatan (browning) dan reaksi enzimatis lainnya.[2]Pengawetan makanan sangat menguntungkan produsen karena dapat menyimpan kelebihan bahan makanan yang ada dan dapat digunakan kembali saat musim paceklik tiba.[2] Contoh bahan pengawet adalah natrium benzoat, natrium nitrat, asam sitrat, dan asam sorbat.[2]

[sunting]Pewarna

Warna dapat memperbaiki dan memberikan daya tarik pada makanan.[2] Penggunaan pewarna dalam bahan makanan dimulai pada akhir tahun 1800, yaitu pewarna tambahan berasal dari alam seperti kunyit, daun pandanangkak, daun suji, coklatwortel, dankaramel.[2] Zat warna sintetik ditemukan oleh William Henry Perkins tahun 1856, zat pewarna ini lebih stabil dan tersedia dari berbagai warna.[2] Zat warna sintetis mulai digunakan sejak tahun 1956 dan saat ini ada kurang lebih 90% zat warna buatan digunakan untukindustri makanan.[2] Salah satu contohnya adalah tartrazin, yaitu pewarna makanan buatan yang mempunyai banyak macam pilihanwarna, diantaranya Tartrazin CI 19140.[2] Selain tartrazin ada pula pewarna buatan, seperti sunsetyellow FCF (jingga), karmoisin (Merah), brilliant blue FCF (biru).[2]

[sunting]Pengental

Pengental yaitu bahan tambahan yang digunakan untuk menstabilkan, memekatkan atau mengentalkan makanan yang dicampurkan dengan air, sehingga membentuk kekentalan tertentu.[2] Contoh pengental adalah patigelatin, dan gum (agaralginatkaragenan).

[sunting]Pengemulsi

Gom arab sebagai agen pengemulsi
Pengemulsi (emulsifier) adalah zat yang dapat mempertahankan dispersi lemak dalam air dan sebaliknya.Pada mayones bila tidak ada pengemulsi, maka lemak akan terpisah dari airnya.Contoh pengemulsi yaitu lesitin pada kuning telurGom arab dan gliserin.






dampaknya bagi kesehatan yaitu jika dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar