Senin, 17 September 2012

Jawaban Kelompok 9


1. Mengapa pencemaran udara dapat menyebabkan hujan asam?
2. Mebutkan hal - hal yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah?
3. Apa penyebab dari anemia?
4. Bagaimana udara dapat mempertahankann suhu tubuh agar tetap normal?
5. Bagaimana cara hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat membuang hasil metabolisme?

Jawaban
1 1. Karena zat-zat yang terkandung dalam  udara yang tercemar berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air dan jatuh bersama air hujan. Seperti belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan.
2.       
   2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, Diet Rendah lemak, Mengkonsumsi buah dan sayur, Diet rendah Natrium.
3.       
   3.Anemia terjadi karena kadar zat besi dalam tubuh rendah dan menyebabkna menurunnya tingkat hemoglobin, yaitu pembawa oksigen dalam darah. Hal ini bisa mengakibatkan hipoksemia.

   4. Mempertahankan suhu tubuh agar dalam keadaan normal dengan mekanisme secara fisik. Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah.
5.       
  5. Bagi hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.

0 komentar:

Posting Komentar