Senin, 24 September 2012

jawaban soal kelompok 3


Kelompok 3
1.       Apa itu tanah? Dan adakah tanah selain di Bumi? Jelaskan!
2.       Buatlah alur pembentukan tanah! Berdasarkan alur pembentukan dan unsur yang terdapat di tanah, sebutkan fungsi tanah!
3.       Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik? Lengkap
4.       Apakah tanah di sekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur? Jika IYA berikan alasan, jika TIDAK berikan alasan!
5.       Tanah merupakan sesuatu yang  vital dalam kehidupan. Ada pernyataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!
Jawaban
1.      Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah menjadi wahana jelajah akar menyediakan air, udara dan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Tanah merupakan rumah bagi jutaan mikroorganisme yang melakukan berbagai aktivitas biokimia, seperti pengikatan nitrogen dari udara sampai pelapukan bahan organik, juga merupakan tempat bagi mikro dan mesofauna – termasuk cacing tanah, semut dan rayap yang memakan akar tanaman, organisme lain dan bahan organik. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh.
Tidak ada, karena selain di bumi tidak ada lagi kehidupan seperti layaknya di bumi. Sedangkan bila di belahan dunia lain terdapat tanah, maka seharusnya ada kehidupan selayaknya kehidupan di bumi.

2.       Tanah berasal dari pelapukan batuan selama jutaan tahun. Pelapuka batuan tersebut terjadi dengan beberapa cara
·         Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan. Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika.
·         Makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi. Akar tumbuh – tumbuhan dapat memecah batu – batuan sehingga hancur.Pelapukan ini dapat disebabkan oleh tumbuhan atau lumut yang menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat dan lumut menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat akan menimbulkan lubang-lubang pada batuan tempat akarnya melekat. Lubang-lubang ini lama-kelamaan bertambah besar dan banyak. Akhirnya, batuan tersebut akan hancur.
·         Binatang – binatang kecil seperti cacing tanah, rayap dan sebagainya yang membuat lubang dan menghancurkan batuan.
·         Batuan, iklim, jazad hidup, topografi dan waktu
Berdasarkan proses pelapukan inilah dapat dilihat bahwa selain tempak manusia dan makhluk lain berpijak, tanah juga mengandung berbagai mineral, zat hara, dan organisme yang berguna bagi terbentuknya dan terjaganya kehidupan di atas permukaan tanah.
3.       Salah satu jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman adalah Tanah Humus. Tanah humus  merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuhan-tumbuhan dan bahan organik lainnya yang telah membusuk. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian, dan baik untuk tanaman, warnanya kehitaman. Persebaran tanah ini banyak di daerah hutan di Indonesia. Selain itu Tanah Vulkanik (tanah gunung api) juga merupakan  tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman. Tanah vulkanik merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus.
4.       Iya, di daerah pegunungan, banyak terdapat Tanah Mergel yang merupakan tanah hasil dari pencampuran alami antara pasir, kapur, dan tanah liat. Pembentukan tanah ini dipengaruhi oleh hujan yang tidak merata sepanjang tahun dan merupakan Tanah yang  subur .
5.       Air mengalir di atas permukaan tanah dan ada pula yang di dalam tanah, bila air tersebut melewati tanah yang tercemar bukan hal yang tidak mungkin untuk ikut tercemarnya air  mengingat zat ini merupakan pelarut universal yang bisa melarutkan zat terlarut termasuk zat-zat pencemar yang terdapat di dalam tanah yang dilaluinya. Akan tetapi pengaruh pencemaran tanah terhadap udara belum bisa dikorelasikan.

0 komentar:

Posting Komentar