Jumat, 21 September 2012

Jawaban soal kelompok 11




  1.  Apa yang menyebabkan Paus Atlantik Utara terancam punah ?
  2.  Setelah membaca artikel mengenai “Hiduplah seperti Lebah”, apakah artikel tersebut dapat menginspirasi anda ? jika iya, keunikan apa yang terdapat pada hewan tersebut ?
  3. Bagaimana pendapat anda tentang punahnya beberapa spesies dalam artikel “Dampak Pencemaran Lingkungan” ? dapatkah kalian menyebutkan contoh lain?
  4. Mengapa ikan paus bungkuk dapat terdampar dipinggir kolam renang? Padahal secara postur tubuh ikan paus memiliki ukuran tubuh yang paling besar?
  5. Mengapa nyamuk menjadi hewan yang paling berbahaya?
Jawaban
1.      paus atlantik utara ini menghadapi ancaman dari canggihnya teknologi pemancingan dan tabrakan dengan kapal. Belum lagi perubahan habitat, perubahan iklim dan kontaminasi air laut oleh industri semakin mengancam keberadaan paus ini.
2.      Iya artikel tersebut sangat meninspirasi. Dari artikel diatas kita bisa mengambil pelajaran hidup dari keunikan lebah diantaranya : Lebah adalah pribadi yang tangguh dan mandiri, Lebah juga memiliki sifat kreatif dan inovatif, Lebah hanya memakan hal yang baik (sari bunga) dan menghasilkan hal yang baik pula untuk orang lain(madu), Lebah akan marah bila sarang atau salah satu dari mereka diganggu. Itu artinya mereka memiliki tali persaudaraan yang kuat, Lebah juga dikenal sebagai makhluk yang kuat.
3.      Punahnya beberapa spesies hewan tersebut kebanyakan dikarenakan ulah manusia yang tidak peka terhadap lingkungan/ tidak menjaga lingkungan.
Contoh lain : Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Sangat disayangkan sekali memang, karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya, Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya.
4.      Ada kemungkinan paus tersebut terseret arus saat migrasi, saking besarnya arus atau gelombang laut , menyebabkan paus tersebut terseret dan terlembar ke pinggir pantai atau kolam. selain itu ada beberapa penyebab paus terdampar dan mati yang lain . Yang pertama adalah ada pergantian pertukaran massa air laut. Di mana unsur makro di endapan dasar laut naik, dan menyebabkan kematian paus. Selain itu hilangnya rantai makanan dan ceceran minyak yang menghambat sinar matahari masuk ke perairan juga bisa menyebabkan kematian paus.
5.      Nyamuk telah membunuh lebih dari 25 milyar manusia (dihitung sejak jaman dahulu tentunya), melalui setidaknya 100 jenis penyakit yang mampu di bawanya, seperti malaria, demam berdarah, HIV AIDS, Radang Otak, Kaki Gajah, dan sebagainya. Tercatat, sekarang nyamuk adalah pembunuh nomer wahid dengan rekor 1 pembunuhan tiap 12 detik di seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar